Latest Updates

Analisa saham PTBA dan menghitung harga wajarnya

Analisa saham PTBA dan menghitung harga wajarnya. pada tanggal 22 desember 2002 perseroan resmi tercatat sebagai perusahaan publik. Indonesia yang melimpah akan tambang batu bara. dan salah satu perusahaan tambang batu bara di indonesia adalah PT bukit asam Tbk (kode PTBA). Perusahaan ini sebenarnya sudah berdiri sejak jaman kolonial belanda pada tahun 1919.Dan setelah berakhirnya kekuasaan kolonial belanda di indonesia akhirnya perusahaan di ambil oleh negara. dan sekarang perusahaan sudah memiliki sepuluh anak usaha.

Analisa fundamental saham PTBA
Berikut rasio keuangan saham PTBA pada level harga 10425
.
Analisa saham PTBA dan menghitung harga wajarnya
Analisa saham PTBA dan menghitung harga wajarnya
Dari valuasi price earning ratio (rasio harga saham dari laba perlembar saham) saham PTBA dihargai dengan P/E yang cukup kecil. artinya investor harus membayar Rp 12 untuk setiap Rp.1 laba bersih yang dihasilkan.
Dari valuasi P/B sendiri saham PTBA memiliki P/B yang cukup tinggi yaitu sebesar  3.19. P/B rasio PTBA bisa dibilang cukup tinggi dibandingkan saham satu sektor yaitu ITMG yang memiliki P/B 2.73 KKGI yang memiliki P/B 1.76.
Namun dari segi ROE saham PTBA masih unggul diatas KKGI yaitu ROE saham PTBA  sebesar 23.23 sedangkan KKGI cuma sebsar 21.64, tetapi ROE saham PTBA masih dibawah ITMG yang sebesar 28.13.
Dari segi hutang saham PTBA memiliki rasio Debt/equity cukup kecil yaitu sebesar 1.41. dari segi Dividen payout sendiri saham PTBA memberikan dividen yang cukup besar kepada para pemegang saham.
Secara keseluruhan rasio keuangan PTBA cukup bagus. namun pergerakan harga saham sektor komoditas sepenuhnya tergantung dari harga komoditas yang diperjual-belikan yaitu coal.

Harga wajar saham PTBA

Dengan asumsi pertumbuhan 15%, asumsi inflasi 7%, risk factor 5% maka harga wajar saham PTBA adalah Rp.15616,-

Disclaimer ON