Latest Updates

Cara mendaftar BPJS dan pengalaman menggunakannya

Cara mendaftar BPJS dan pengalaman menggunakannya. Beberapa hari kemarin saya melihat teman posting di FB kalau pelayanan BPJS kesehatan sangat bagus. sehingga saya tertarik juga untuk ikut pelayanan kesehatan nasional yang difasilitasi oleh pemerintah tersebut. kemudian saya coba-coba browsing ke internet untuk mencoba mendaftar BPJS secara online di situs resmi BPJS di sini. Saya coba-coba browsing dan mendaftar bpjs secara online, tapi sebelum mendaftar saya mencoba tanya kepada costumer service nya pada bagian permintaan informasi. tapi sampai 2x24 jam belum ada balasan dari pihak BPJS. akhirnya saya mencoba mendaftar langsung aja ke tempat pelayanan nya langsung di surabaya. tapi karena tempat pelayanannya yang jauh dari rumah saya akhirnya saya mencari tahu ditempat lain nya melalui internet.

Saat saya pulang ke magetan saya saya melewati kantor BPJS kesehatan di kota madiun yaitu dijalan timor. karena saya sudah punya formulir yang sudah saya isi sebelumnya yang sudah saya lengkapi dengan pas foto 3x4 berwarna, foto copy KK dan foto copy KTP akhirnya saya langsung masuk ke ruang pendaftaran. karena jumlah antrian yang tidak terlalu banyak akhirnya saya langsung dilayani sama petugas BPJS nya.
saya di tanya ingin fasilitas kesehatan kelas berapa. berikut tarif BPJS berdasarkan kelas nya.
Untuk kelas 3 sebesar Rp.25.500, untuk kelas 2 sebesar 42.500 dan untuk kelas 1 sebesar Rp.59500.

kemudian karena murahnya bayaran untuk fasilitas kesehatan tingkat 1 akhirnya saya memilih kelas 1 dengan tarif sebesar Rp.59.500 sebulan. dan dari pihak BPJS memberitahu saya kalau pembayaran premi bulanan dibayar sebelum tanggal 10 apabila melewati tanggal 10 akan dikenakan denda 2% perbulan.

proses pendaftarannya pun menurut saya sudah sangat bagus yaitu cepat kurang lebih 15 menit saya sudah menerima kartu BPJS. setelah mendapat kartu BPJS saya membayar iuran tiap bulan sesuai dengan aturan yang ditetapkan namun yang saya khawatirkan adalah apabila suatu saat nanti jika saya sakit pengurusan BPJS akan berjalan sulit dan tidak tertangani dengan baik.

Misalnya sebelum ke rumah sakit harus membawa surat rujukan dari puskesmas. dan dari rumor yang beredar bahwa pelayanan BPJS tidak begitu maksimal. harapan saya semoga kedepannya pelayanan BPJS benar-benar maksimal dan tidak ada rumah sakit yang menolak peserta BPJS.

Semoga artikel ini bermanfaat