Latest Updates

Analisa saham ASRI secara FA

Alam sutra reality Tbk dengan kode saham (ASRI)  adalah salah satu perusahaan dari group argo manunggal yang bidang usahanya bergerak property developer. Saham ASRI diperdagangkan dengan rasio Price/book (2.0) dan kami mengklasifikasikan ekspektasi pertumbuhan market yang rendah dan return yang tinggi.Kemudian saham ASRI memiliki efisiensi modal yang cukup tinggi hal tersebut akan berdampak pada operating leverage.perubahan pendapatan tahunan yang selalu meningkat menunjukan bahwa perusahaan fokus pada pendapatan.ROE saham ASRI dalam lima tahun terakhir menunjukan bahwa perusahaan memiliki high operating returns yang akan terus berkelanjutan.Pertumbuhan saham ASRI pun sudah diatas rata-rata P/E ratio yang masih rendah menunjukan bahwa pendapatan perusahaan mungkin akan memuncak dan pasar mengharapakan akan penurunan ekspektasi pertumbuhannya.level investasi modal perusahaan menunjukan bahwa perusahaan mendukung pertumbuhan perushaan.

VALUASI=ROE(OPERATING ADVANTAGE) *P/E (GROWTH EXPECTATIONS)

Price/Book Merupakan Fungsi perusahaan dari kinerja operasi yang diukur dengan ROE dikalikan dengan arus ekspektasi pertumbuhan suatu perusahaan yang diukur dengan P/E.
Dari analisa tersebut saya berharap dapat dengan cepat mengumpulkan informasi kinerja komparatif dan penilaian pasar terhadap strategi perusahaan.

ASRI memiliki P/E yang rendah yaitu sebesar 11.9 hal tersebut menginformasikan kepada kita bahwa ekspektasi pertumbuhan yang dinilai pasar masih rendah walaupun return perusahaan dibilang cukup tinggi sich yaitu sebesar ROE 17.4%. Dan saham perusahaan pun diperdangangkan dengan rasio P/B yang cukup tinggi yaitu sebesar 2.0.

ROE asri tahun ini menurun 14.30% dari tahun lalu yang sebesar 31.7% dan sekarang menjadi 17.4%.
Dan P/E meningkat dari 9.9 menjadi 11.9. hal tersebut menunjukan saham ASRI sekarang diperdagangkan dengan valuasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya,
Analisa saham ASRI secara FA
margin laba bersih asri sebesar 23.8% dan efisiensi modal memberikan dampak operating leverage. Perusahaan telah pindah ke eficiensy modal yang cukup tinggi dan margin bersih yang relativ tinggi s
ebelum akhir tahun 2013. Net margin saham ASRI telah turun 24.96% dan telah turun dibawah rata-rata net margin ASRI 4 tahun terakhir 38.39%. yaitu turun dari 48.8% tahun 2012 menjadi 23.8% tahun 2013.

Saham ASRI tampaknya lebih fokus pada pendapatan

Saham ASRI telah mencapai pertumbuhan pendapatan yang lebih baik yaitu year on year perubahan pendapatan sebesar 50.6%. ROE yang selalu stabil menunjukan outperformance yang akan terus berkelanjutan.

Margin kotor perusahaan yang relatuve tinggi menunjukan saham yaitu sebesar 49% menunjukan perusahaan memiliki stretegi berbeda dengan keuntungan harga. Tetapi harus diingat keuntungan PRA PAJAK saham ASRI yaitu 29.4% yang dikombinasikan dengan gross margin yang sehat menunjukan biaya operasional ASRI yang relativ tinggi.

Growth expectations

Pendapatan sahamASRI kemungkinan besar kedepannya akan memuncak hal tersebut terlihat dari pertumbuhan pendapatan saham ASRI yang sudah sangat baik yaitu sebesar 68%  untuk tiga tahu terakhir. dengan rasio P/E sebesar 11.7 dan ROE yang tinggi menunjukan pasar mengharapkan penurunan ekspektasi pertumbuhannya.

Strategi Investasi modal saham ASRI

Tingkat perubahan modal saham ASRI sebesar 34% selama tiga tahu terakhir dan dengan pengembalian Rata-rata (ROE) sebesar  24.4% menunjukan bahwa invetasi modal perusahaan mampu meningkatkan meingkatkan pertumbuhan pendapatan.


Dengan asumsi growth atau pertumbuhan sebesar 10%, asumsi inflasi sebesar 5% dan risk factor sebesar 8% kami mendapatkan nilai instrinsik saham ASRI adalah Rp.682,-